Rabu, 26 Januari 2022

KKMI KALSEL LAKSANAKAN RAKOR DAN PPKB

 





B
anjarmasin (Humas KKMI) – Banjarmasin menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Kelompok kerja Madrasah Ibtidaiyah Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dihelat di Hotel Rodhita Banjarmasin ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H. Muhammad Thambrin, M.M.Pd dan dihadiri oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, para Analis Fungsional di Bidang Penmad, Kepala Kanwil Kemenag Kota Banjarmasin  dan seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri seProvinsi Kalimantan Selatan. Rabu (Senin,24/1/22)

Rapat Koordinasi   yang juga sekaligus pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan fokus materi Keputusan Menteri Agama (KMA) 624 Tahun 2021 tentang Pedoman Supervisi Pembelajaran pada Madrasah dan sekaligus juga diadakan sosialisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang disampaikan oleh Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Di arahannya Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menekankan pentingnya agar kepala madrasah memahami  program skala priority Kementerian Agama. “Melalui dirjen perbendaharaan Negara telah di lounching Aplikasi SAKTI dan E-Planing” papar kakanwil. Lebih lanjut kakanwil menjelaskan bahwa E-Planing akan mendokumentasikan secara digital perencanaan yang dibuat oleh kepala madrasah sehingga akan terukur dan dapat diakses oleh pemangku kepentingan. Sedangkan Aplikasi SAKTI memungkinkan semua akun belanja satker terkoneksi secara nasional.

Diakhir sambutannya Kakanwil menekankan juga pentingnya moderasi beragama yang juga salah satu program prioritas Kementerian Agama.

 

Sebelumnya, ketua KKMI Provinsi Kalimantan Selatan H. Abdul Basith dalam sambutannya menyampaikan laporan bahwa Kepala Madrasah yang dapat berhadir di acara tersebut sebanyak 143 orang. Selain itu Abdul basith juga menyampaikan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh KKMI Provinsi Kalimantan seragam. Dalam waktu dekat akan melaksanakan pengadaan baju seragam untuk anggota KKMI se provinsi kalimantan selatan. Disamping itu, penguatan jalinan kerja sama dengan berbagai sektor untuk menunjang pelaksanaan program kerja KKMI Kalsel. Termasuk dalam pengadaan buku paket.

 

H. M. Rafii, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin dalam sambutannya berpesan agar madrasah memaksimalkan kepercayaan masyarakat yang selama ini telah tumbuh dan berakar. “Di Kalimantan selatan Madrasah adalah piilihan utama. Bukan pilihan kedua apa apalagi hanya sekedar alternatif dari pada tidak sekolah, maka jaga kepercayaan itu” . pinta Rafi’i.  Rafi’i juga berharap agar untuk menjaga ajegtify  kepercayaan masyarakat maka kamad harus sering mengikutkan lembaganya dalam berbagai lomba seperti, Adiwiyata, Bank Sampah, KSM dan lain lain karena lomba akan melatih jiwa kompetitif siswa serta penjaringan  bibit unggul

Sementara itu Kabid penmad kanwil kemenag kalsel Dra Hj. Halimatussa’diyah mengemukakan tentang PMA  624 Tahun 2021 tentang supervisi pembelajaran pada madrasah. Dimana salah satu tujuan supervisi adalah untuk persiapan menghadapi AKMI.

Sedangkan H. Adnan menambahkan bahwa PMA 624 Tahun 2021 dijelaskan dengan juknis khusus untuk Madrasah Ibtidaiyah melalui SK Dirjen nomor 6334 Tahun 2021.

Disesi Bimbingan Teknis tentang penyampaian SKP oleh Ketua Pokjawas Provinsi Kalimantan Selatan, H. Abdul Basith, M.Pd.I nemaparkan tentang format SKP sesuai dengan edaran terbaru. Disamping tentang SKP juga memaparkan tantang Pedoman Supervisi bagi Madrasah.

Kegiatan berakhir pukul 15.00 yang ditutup oleh Ketua KKMI Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Redaksi dan foto: Humas KKMI Kalsel

 



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKMI Kalsel Laksanakan Rakor Di Kotabaru

  Kotabaru (Humas KKMI) – Kelompok Kerja Madrasa Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) rutin seti...