Rabu, 25 Mei 2022

KKMI Kalsel Laksanakan Rakor Di Tapin

 



Rantau (Humas KKMI) – Kelompok Kerja Madrasa Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) rutin yang dilaksanakan di Pendopo Galuh Bestari Jl. Datu Nuraya  Kawasan Rantau Baru Tapin ,Rabu (25/05/22).

Kegiatan rakor dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan DR. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd. Saat memberikan arahan Kakanwil meminta kepada seluruh kepala madrasah untuk memanfaatkan forum KKMI unruk meningkatkan sharing dan berbagi ilmu. Kamad diharapkan fokus untuk  membangun pondasi pendidikan agama dan keperibadian karena hal itu merupakan ciri khas madrasah. “Kepala Madrasah harus menunjukan identitas madrasah agar menjadi idola baik dalam penampilan maupun sikap dan perilaku agar ditiru oleh peserta didik” pesan kakanwil.

Sementara ketua KKMI Provinsi Kalimantan Selatan H. Abdul Basith, S.Ag dalam laporannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran seluruh peserta Rakor.  Basit juga melaporkan jumlah peserta yang berhadiir sebanyak 143 orang dari seluruh kepala madrasah Ibtidaiyah Se Provinsi Kalimantan Selatan.  Agenda Rakor penyampaian sosialisasi KMA 347 tahun 2022 tentang Kurikulum Merdeka Belajar dengan nara sumber dari Bidang penmad  kanwil kememag provinsi kalimantan selatan.

Ketua KKMI juga menyampaikan harapan dari pelaksanaan kegiatan tersebut dapat bermanfaat.

Sementara itu. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tapin Dr. H. Eddy Khairani Z, S.Ag, M.Pd.I  dalam Sambutannya menyampaikan berbagai harapan dan apresiasi atas terselenggaranya Rakor di Tapin.”Pelaksanaan Rakor ini merupakan even untuk menambah kualitas mutu dilingkungan madrasah”tutur kakamenag.

Eddy juga memaparkan tentang kondisi madrasah di Tapin berdasarkan Geografis. Menurut Edy Tapin memiliki beberapa madrasah yang letaknya di perbatasan dengan kabupaten lain dengan akses jalan yang belum memadai. Diantaranya MIN 4 tapin berbatasan dengan  Batola dan MTsN 6 berbatasan dengan Hulu sungai selatan . Jumlah Madrasah Ibtidaiyah sebanyak  17 buah MTs  14  buah  dan  MA 7 buah. Diakhir sambutannya Edy juga menyampaikan Terimakasih  atas berhadirnya peserta.

Selanjutnya  pada sambutan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad ), Dra. Hj. Halimatussa’diyah, M.Pd memaparkan  secara singkat tentang Kurilulum Merdeka berdasarkan KMA 347 Tahun 2022. Kabid menekankan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Madrasah akan dimulai melalui beberapa perwakilan madrasah sebagai pilot projek.

Yang menjadi spesial dari Rakor kali ini adalah kehadiran Sekretaris Jenderal (Sekjen)  Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag melalui jejaring virtual. Sekjen menyampaikan trik-trik agar memiliki sekolah unggulan. Diantaranya menjaring siswa berprestasi dan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Kagiatan KKMI Kalsel berjalan lancar hingga berakhir pukul 13.00 wita.

 

Penulis/Foto: Humas KKMI Kalsel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKMI Kalsel Laksanakan Rakor Di Tapin

  Rantau (Humas KKMI) – Kelompok Kerja Madrasa Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) rutin yang d...