Sabtu, 03 September 2022

KKMI Kalsel Laksanakan Rakor Di Kotabaru

 







Kotabaru (Humas KKMI) – Kelompok Kerja Madrasa Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) rutin setiap 3 bulan yang kali ini dilaksanakan di Aula Paris Barantai Kabupaten Kotabaru , Kamis (1/9/22)

Rakor kali ini terlihat berbeda dikarenakan pada saat pembukaan seluruh peserta terdiri dari Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) madrasah dan PAI, KKMA, KKMTs dan KKMI bergabung dalam 1 ruangan. Sehingga terlihat sangat meriah, disamoing juga disuguhi dengan beberapa tarian yang dipersembahkan oleh para siswa madrasah.

Kegiatan rakor dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan DR. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd. Dalam arahan singkatnya Kakanwil memulai dengan proses perjalanan beliau dari Banjarmasin ke Tanah Bumbu dengan naik pesawat. Baru setelahnya menyeberang menggunakan Mobil dan Ferry. “Alhamdulillah walaupun perjalanannya panjang dan melelahkan yang penting sampai ke Kotabaru batamuan lawan buhan pian sabarataan” terang kakanwil. Ucapan terimakasih juga disampaikan kakawil kepda kepala kemenag Kotabaru yang memfasilitasi kegiatan Rakor tersebut.

Di rakkor tersebut kakanwil juga menyampaikan pesan dari Kepala BIN Kalsel agar tetap menjaga kesehatan, mendiorong para siswa agar melaksanakan vaksinasi covid-19 bagi yang belum. Karena pandemi covid-19 belum berakhri sepenuhnya. “Vaksinasi bukan segala galanya. Namun sebuah ikhtiar agar nilai kesehatan yang dimiliki seseorang sangat penting”. Ujar kakanwil.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kotabaru DR H, Muhammad Kamal, S.H.I, M.Ag    dalam sambutan singkatnya mengucapkan terimakasih atas kehadiran kakanwil, dan seluruh undangan. “Kami sangat bangga buhan pian bisa berhadir di acara ini” sambut Kakemenag.

 

Pada sesi Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Para Pejabat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, KKMTs dan KKMI se Kalimantan Selatan, Sub Koordinator Kurikulum dan Evaluasi pada Bidang Penmad Adnan Jauhari memberikan arahan terkait  Blangko ijazah sesuai yang telah diserahkan ke madrasah telah sesuai dengan jumlah yang ada di aplikasi PDUM, Adnan juga menjelaskan mekanisme Penulisan ijazah. Selain itu juga menyampaikan tentang hasil validasai Dokumen 1 Kurikulum Madrasah. “Dokumen 1 merupakan perencanaan sistem pembelajaran di madrasah. Namun Masih banyak yang belum membuat” kata Adnan. Penjelasan ditutup dengan informasi tentang pelasanaan KSM tingkat  Provinsi Kalsel yang aka dilaksanakan di MAN 2 Banjarmasin tanggal 11 dan 12.  KKMI diminta menyuksesksan salah satunya  dengan membuat spanduk.

Dari Sub koordinator Tendik Bidang Penmad secara singkat menjelaskan  beberapa hal yakni

1. Instrumen kinerja kepala madrasah  agar lebih disederhankaan.

2. Pengisian penilaian PKKM secara digital dengan mengupload Format berupa PDf

3. Akan dilaksanakan  pendataan ASN berdasrkan domisili terkait pemetaan ASN

4. Kamad mengingatkan tenaga pendik ASN meningkatkan kinerja terutama dalam hal jam kerja

5. Kamad harus memperhatikan operator karena  mereka ujung tombak administrasi madrasah sebab sebagian besar adalah Non ASN

Pada sesi Sub Koordinator Bidang Sarpras, Anshari, S.Sos menyampaikan beberapa hal penting bahwa Kamad harus update, dalam hal pengusulan bantuan jangan lagi secara manual dengan mengantar berkas ke Kanwil. Namun mekanismenya dengan mengisi Aplikasi Simpro untuk Madrasah Negeri dan  Simsarpras  untuk Madrasah Swasta. Terakhir Anshari berharap agar pengelolaan simak BMN Perlu peningkatan pengelolaanya  Karena di lingkungan Kemenag Pengelolaannya masih dibawah standar.

Kegiatan Rakor sukses dilaksanakan berakhir menjelang magrib.

Kegiatan kepala madrasah tidak hanya sampai disitu, kegiatan dilanjutkan esok harinya Jumat (2/9/22) dengan mengikuti Pembukaan Bapor Korpri di Siring Laut Kotabaru. Kegiatan yang dihadiri oleh Kakanwil Kalsel, Pejabat Kanwil Kemenag Kalsel, Pejabat Daerah Kotabaru, Pejabat KanKamenag  Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Selatan  para Kepala Madrasah dan Atlit yang akan bertanding diawali dengan senam bersama dan selanjutnya dibuka oleh Kakanwil kemenag Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sam,butannya  Kepala Kanwil Kemenag provinsi Kalimatan Selatan DR.H.Muhammad Tambrin mengapresiasi dan mendukung dilaksanakannya kegiatan lomba olahraga sekaligus silaturahmi pegawai dilingkungan Kantor Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, silaturahmi dan Bapor Kementrian agama Kalimatan Selatan Tahun 2022 ini merupakan momentum peningkatan keakraban,silaturahim antara sesama peserta yang akan bertanding yang mewakili masing-masing Kabupaten/Kotannya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah lomba yang menunjukan kreatifitas, aktifitas dalam bidang olahraga baik bulutangkis, tenis meja, catur, bola voly serta permainan tradisional bakiak dan balogo sehingga nantinya mereka bisa mengikuti event yang lebih tinggi dan kegiatan silaturahmi olahraga Bapor Kementrian Agama Provinsi Kalimatan Selatan nantinya tidak hanya sampai disini dan akan terus berkelanjutan sebagai memupuk jiwa semangat olahraga dan semangat sportifitas diantara kita “.jelasnya.

Kegiatan  Bapor dihari pertama diawali dengan Lomba Balogi dan Bakiak

Penulis/Foto: Humas KKMI Kalsel

    👆

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKMI Kalsel Laksanakan Rakor Di Kotabaru

  Kotabaru (Humas KKMI) – Kelompok Kerja Madrasa Ibtidaiyah (KKMI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) rutin seti...